Cara Mempromosikan Produk di Instagram yang Menarik - Demang Aja

Wednesday, October 30, 2019

Cara Mempromosikan Produk di Instagram yang Menarik

Panduan lengkap cara promosi di instargam ads - Artikel ini akan membahas tentang cara beriklan di Instagram agar produk Anda dilihat oleh banyak orang, brand Anda menjadi terkenal, penjualan meningkat drastis, dan Anda pun mendapatkan banyak uang dari penjualan tersebut.

Apakah Anda ingin seperti itu?

Selaku salah satu jenis media sosial populer yang menekankan konteks visual, Instagram dapat membantu Anda untuk mewujudkan keinginan Anda seperti pada kalimat di atas.

Alasannya karna …

Pada tahun 2016, pengguna aktif Instagram telah mencapai 500 juta orang. Bahkan terdapat 95 juta foto atau video yang diunggah setiap harinya.

Cara Mempromosikan Produk di Instagram yang Menarik
Gambra dari Enterpreneur

Cara Mempromosikan Produk di Instagram yang Menarik
Gambar dari Enterpreneur

Akan tetapi banyak orang menganggap bisnis online Instagram hanya cocok untuk jenis bisnis tertentu, seperti misalnya pakaian dan makanan.

Sebenarnya jika Anda mengetahui cara iklan di instagram dengan benar, maka Instagram dapat digunakan untuk menunjang kegiatan pemasaran/promosi bisnis/jualan produk apapun.

Cara Pasang Iklan di Instagram

Oke, sebelum masuk ke dalam tahap selanjutnya (tahap instagram marketing untuk mempromosikan produk bisnis), sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu bagaimana cara membuat akun instagram bisa digunakan untuk promosi.

Langkah-langkah beriklan di Instagram:

Membuat akun Facebook Business Manager

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah akun FB Business Manager, karena Instagram secara tidak langsung berasosiasi dengan Facebook. Membuat akun FB Business Manager dapat Anda lakukan pada link ini: Facebook Business. Mudah kok cara buatnya, kalau belum silahkan cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara membuat akun FB Business Manager untuk beriklan di Facebook.

Wajib buat!

Karena tanpa mimiliki akun FB Business Manager Anda tidak akan bisa beriklan di Instagram.

Klaim akun Instagram untuk digunakan sebagai tempat beriklan
Sudah selesai bikin akun FB Business Manager?

Langkah selanjutnya pada tahap cara iklan di Instagram adalah melakukan klaim.

Masuklah ke dalam menu pengaturan, kemudian pilih menu Instagram yang ditampilkan di sisi kiri. Lalu, masukkan akun Instagram Anda.

Nah pada tahap inilah, Anda baru bisa mulai beriklan di Instagram dan mulai belajar Instagram marketing yang baik supaya promosi bisnis bisa tepat sasaran serta menghasilkan uang/laba yang diinginkan.

Memulai Instagram Marketing

Cara Mempromosikan Produk di Instagram yang Menarik
Sebelum membahas lebih jauh tentang cara beriklan di Instagram, ketahui dulu beberapa hal dasar yang perlu Anda perhatikan.

Instagram Component

1. Nama akun Instagram

Ketika membuat akun Instagram baru untuk bisnis online, pilih nama akun yang sesuai dengan bisnis Anda. Akan lebih baik jika brand Anda dijadikan sebagai nama akun.

Contoh nama akun:

Sesuai dengan bisnis: Alat Renang dan Menyelam (@alatrenangdanmenyelam)
Nama Brand: Selam Jaya (@selamjaya)
Tidak masalah meskipun Anda ingin menggunakan nama brand sebagai nama akun. Karena, yang akan Anda lakukan adalah beriklan di Instagram, sehingga orang-orang lebih mudah mengenali tentang bisnis apa yang sedang Anda jalankan melalui iklan yang dipromosikan di Instagram Ads.

2. Deskripsi Bio

Beberapa informasi penting mengenai bisnis Anda bisa ditambahkan kedalam bio seperti:
  • Deskripsi singkat,
  • Kontak, dan
  • Call-To-Action (CTA) menuju website bisnis.

Banyak yang bilang, di dalam deskripsi akun bisnis Instagram akan lebih bagus lagi kalau pakai hashtag.

Nyatanya, tidak begitu. Justru akun bisnis yang menggunakan hashtag terlalu banyak di dalam deskripsi akan lebih terlihat seperti spam dan tidak berguna.

Maksimalkan saja untuk fokus pada 3 hal di atas.

3. Foto profil

Foto yang simple akan memudahkan pengguna lain untuk mengenali siapa Anda. Sebaiknya gunakan logo bisnis atau gambar apapun yang berhubungan dengan bisnis.

Pastikan juga bahwa foto yang digunakan memiliki rasio 1:1 dengan ukuran 150 x 150 pixel.

4. Konten foto dan video

Postingan adalah bagian paling penting dari kegiatan Instagram marketing. Dengan banyaknya akun yang difollow seseorang, akan sulit bagi Anda untuk mencuri perhatian pembaca tanpa konten yang menarik.

Anda harus menampilkan dan menceritakan bisnis Anda dalam bentuk foto dan video yang unik.

5. Caption

Ternyata caption yang Anda tulis bisa memiliki pengaruh yang berbeda jika audience-nya berbeda.

Anda bisa bereksperimen dengan menulis berbagai jenis caption dan kemudian melihat hasilnya melalui tools tertentu (akan kami berikan nanti).

6. Hashtag

Manfaat menggunakan Hashtag adalah akan membantu Anda untuk mengelompokkan foto dan video dalam kategori tertentu.

Hal ini juga akan memudahkan pengguna lain untuk menemukan bisnis Anda. Jadi manfaatkan hashtag sebaik mungkin. Tetapi 

Setelah mengetahui beberapa hal dasar tentang aplikasi Instagram, mungkin sekarang muncul pertanyaan apa hubungannya Instagram dan bisnis?

Bagaimana Cara Beriklan  di Instagram?

Bagaimana caranya beriklan/promosi menggunakan foto dan video untuk menambah jumlah customer?

Andaikan Anda benar-benar baru dalam dunia internet/Instagram, jangan khawatir! Semua yang Anda perlukan  tentang Panduan Lengkap Cara Beriklan di Instagram akan saya bahas disini.

Tips Menggunakan Instagram untuk Kegiatan Marketing

Pada dasarnya, cara kerja Isosial media nstagram akan membawa bisnis/produk jualan Anda ke dalam platform aplikasi berbasis online dan menampilkannya dalam bentuk foto dan video yang menarik perhatian calon potential customer.

Jika Anda benar-benar memahami cara beriklan di Instagram dan mampu memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan oleh Instagram seperti post, caption, hashtag, follower, bio dan lainnya, maka Anda akan menemukan ribuan customer baru pada bisnis Anda. Dimana hal tersebut dapat menambah peluang barang/produk Anda terjual banyak.

Pelajari dan perhatikan tahapan Instagram Marketing serta beberapa tips beriklan di Instagram berikut agar bisa berjalan suskes :

1. Membangun komunitas melalui hashtag

Fungsi hashtag pada Instagram hampir sama dengan Twitter dan Pinterest, yaitu untuk menjangkau pengguna secara lebih luas.

Dengan menambahkan hashtag maka foto dan video yang diunggah memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk dilihat oleh orang lain.

Selain itu Anda juga bisa membentuk suatu komunitas melalui hashtag, yang kemudian bisa Anda gunakan untuk campaign Instagram ataupun keperluan lainnya.

Sekedar contoh ialah penggunaan hashtag, seperti #appytraveling yang digunakan oleh Traveloka supaya para pengguna Instagram dapat membagikan kisah travelling mereka.

2. Bekerjasama dengan pihak luar

Anda pasti pernah/sering melihat beberapa akun Instagram suatu brand sedang mempromosikan akun brand lainnya.

Hal ini tentu saja bertujuan untuk meningkatkan jumlah follower mereka masing-masing.

Jika akun Anda dipromosikan oleh pihak lain, maka bisa jadi follower mereka yang belum mengikuti Anda akan tertarik membuka akun Anda. Tapi pastikan bahwa pihak tersebut memiliki kemiripan atau fokus bisnis yang sama dengan Anda.

Ini tentu memerlukan koneksi yang besar, Anda harus membayar beberapa akun milik orang lain (buzzer) untuk promosi di Instagram tentang bisnis Anda.

3. Relevansi antara trend, follower dan bisnis

Sebagai pemilik bisnis, Anda akan berpikir tentang post seperti apa yang akan disenangi oleh orang lain. Namun perlu diperhatikan juga trend yang sedang populer di lingkungan masyarakat.

Jika sudah mengetahui kedua hal tersebut maka carilah relevansi keduanya dengan bisnis online Instagram Anda, kemudian tampilkan dalam bentuk foto atau video.

4. Mengunggah post terbaru secukupnya

Memperbaharui post setiap jam sekali pada akun Twitter akan terlihat wajar. Begitu juga dengan mengunggah ratusan foto di Facebook pada waktu bersamaan, karena foto yang ditampilkan di halaman beranda akan menjadi satu album.

Namun jangan melakukan hal seperti itu dengan Instagram.

Jika Anda terlalu sering banyak mengunggah foto atau video dalam waktu singkat, maka akun follower Anda akan menjadi penuh. Hal ini akan membuat mereka kesal dan akhrinya memutuskan untuk unfollow akun Anda!

Maka dari itu gunakanlah fitur Carousel untuk beriklan di Instagram untuk memasukkan lebih dari satu foto di dalam 1 iklan.

5. Cari sesuatu yang bisa ditampilkan dari bisnis Anda

Ada banyak pemilik bisnis yang masih berpikir bahwa Instagram hanya digunakan oleh bisnis makanan dan pakaian saja.

Pada kenyataanya semua jenis bisnis bisa ditampilkan dalam bentuk foto atau video, namun cara menyampaikannya saja yang sedikit berbeda. Maka dari itulah, Saya ingin membagikan tips belajar Instagram marketing ini.

Misalnya Sribulancer yang menyediakan berbagai jasa freelancer bisa menampilkan situasi meeting di kantor, testimonial, atau tips-tips untuk para freelancer.

Sumber Refrensi

Cara beriklan di instagram.https://blog.sribu.com

Share with your friends